MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN ROBOT GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUPRIHATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0599p

Abstract

ABSTRAK Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan bangsa sehingga kita tidak tertinggal dari bangsa maju lainnya. Masa usia dini merupakan masa peletak dasar atau pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Untuk itu agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal, maka dibutuhkan situasi dan kondisi yang kondusif pada saat memberikan stimulasi dan upaya pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Masa awal anak – anak sering disebut sebagai tahap bermain, karena dalam periode ini hampir semua permainan menggunakan mainan. Rumusan masalah penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian bahwa melalui kegiatan permainan robot geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Dharma Wanita Kademangan kurang maksimal, berdasar pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan permainan robot geometri di TK Dharma Wanita Kademangan dalam meningkatkan kemampuan berhitung permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan robot geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kademangan Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan permainan robot geometri akan meningkatkan kemampuan berhitung bentuk geometri anak di TK Dharma Wanita Kademangan Blitar, penelitian PTK dilakukan di TK Dharma Wanita Kademangan Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pengambilan data kuantitatif dan kualitatif, indikator keberhasilan adalah sebagai berikut meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan permainan robot geometri lebih dari 75%. Hasil penelitian siklus I diperoleh kegiatan permainan robot geometri dalam menempel di papan panel (kereta api) adalah 50% dengan kategori sangat kurang, kemudian peneliti melanjutkan perbaikan siklus II dengan peningkatan yang baik yaitu 82,95%. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan robot geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung bentuk geometri dan juga meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan permainan robot geometri dalam memberikan pembelajaran terutama untuk meningkatkan kemampuan berhitung bentuk geometri. Kata Kunci : Bentuk Geometri, Metode, Demonstrasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI