MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MENGGUNAKAN MEDIA BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI MARON KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
UMI SRI AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0598p
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MENGGUNAKAN MEDIA BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI MARON KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 UMI SRI AGUSTIN NPM : 13.1.01.11.0598P Program Studi PG-PAUD umisriagustin@gmail.com ANIK LESTARININGRUM, M.Pd dan DEMA YULIANTO, M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif khususnya kemampuan berhitung dalam membilang lambang bilangan dan mengurutkan bilangan 1-10 kurang diminati anak karena faktor media yang kurang mendukung, selain itu guru belum menerapkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak mudah bosan. Media merupakan sarana untuk membangkitkan motivasi belajar sehingga sangat diperlukan untuk pengembangan kemampuan berhitung secara optimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: Apakah penggunaan media balok angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak terutama dalam membilang dan mengurutkan lambang bilangan 1-10. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tingkat kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menggunakan media balok angka pada anak kelompok A TK Pertiwi Maron Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan sampel anak didik kelompok A TK Pertiwi Maron Kec. Kademangan Kab. Blitar sejumlah 16 anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, menggunakan penilaian, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Melalui pembelajaran menggunakan balok angka terbukti berhasil dan dapat mengembangkan kemampuan kognitif membilang dan mengurutkan lambang bilangan 1-10 anak kelompok A.
Implikasi praktis hasil penelitian ini adalah tujuan pendidikan pada satuan pendidikan PAUD lebih diutamakan pada pengembangan kemampuan dasar. Untuk membentuk kemampuan dasar yang kuat diperlukan beberapa hal diantaranya adalah dapat memenuhi tujuan tersebut, untuk itu diharapkan guru PAUD dapat menggunakannya dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kemampuan dasar. Kata Kunci : Bentuk Balok Angka, Metode, Demonstrasi