MENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN MIND MAP PLUS PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH SUKOREJO KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
NURBAITI ROSIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0596P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B TK Al Hidayah Sukorejo masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Permasalahan peneliti ini adalah apakah permainan mind map plus dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Al Hidayah Sukorejo Kota Blitar Tahun Pelajaran 2014-2015. Tujuan pokok penggunaan permainan mind map plus adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK Al Hidayah Sukorejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa RKH, dan lembar observasi aktifitas siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan permainan mind map plus dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Al Hidayah Sukorejo Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.
Kata kunci: kemampuan kognitif, media mind map plus