MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA DENGAN METODE EKSPERIMEN MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH VIII TERTEK PARE
Author (Penulis)
MUNIROTUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0593P
Abstract
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan dapat dirumuskan permasalahan yaitu “Apakah penerapan metode eksperimen melalui kegiatan mencampur warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok A TK Aisyiyah VIII TertekPare ?
Pada keadaan awal (pra tindakan) anak yang mendapatkan bintang 3 dan bintang 4 sebanyak 7 anak (35 %) nilai ini secara bertahap meningkat dari siklus I sampai siklus III, dimana pada siklus III prosentase ketuntasan (bintang 3 dan bintang 4) mencapai 80 % dengan kata lain anak yang mendapat bintang 3 dan bintang 4 sebanyak 16 anak.
Dengan demikian tindakan guru sebagai upaya meningkatkan kemampuan anak membawa hasil karena sesuai dengan kriteria bahwa setelah dilakukan tindakan siklus III ketuntasan belajar mencapai sekurang-kurangnya 75 %. Kriteria ini sudah tercapai sebagaimana pada siklus III prosentase ketuntasannya mencapai nilai 80 %.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode eksperimen.Penelitian ini dilakukan pada kelompok A1 di TK Aisyiyah VIII Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.Instrumen yang digunakan peneliti untuk pengumpulan data berupa observasi dan hasil karya anak.Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan maupun refleksi.Penelitian direncanakan dengan 3 siklus, apabila siklus I dirasa belum berhasil maka peneliti melanjutkan ke siklus II dan ke siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat memilih metode yang tepat dan kreatif dalam mencoba ide baru agar proses pembelajaran berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan metode eksperimen agar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kegiatan mencampur warna ini sangat disukai oleh anak karena disini akan mencoba mencampur antara 2 warna yang berbeda, anak akan mengamati hasilnya, disini banyak memberikan hal-hal yang baru bagi anak.
Kata kunci: Metode eksperimen, kognitif, permainan warna