MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI RUPA MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN AMPAS KELAPA PADA ANAK KELOMPOK B TK SINAR PAGI KECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0589
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kreativitas seni rupa anak belum berhasil dari 20 peserta didik hanya sekitar 20% anak atau 4 anak yang dapat megembangkan kemampuan seni rupa dengan baik, sebagian anak nampak belum berminat dan diam saja, bahan yang disediakan oleh pendidik terlalu sering digunakan, media pembelajaran kurang menarik perhatian anak karena kurang bervariasi. Selain itu peneliti tidak menggunakan bahan yang yang lebih kreatif yang perlu dipersiapakan sebelumnya. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak dalam mengembangkan kreativitas seni rupa, yaitu melalui kegiatan kolase.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Sinar Pagi Desa amar Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik penilaian menggunakan lembar obervasi peneliti, lembar observasi anak dan lembar unjuk kerja anak.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 40% dari 20 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang didapat meningkat menjadi 65% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus III terdapat hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 85% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, sehingga terdapat peningkatan prosentase ketuntasan belajar anak dari siklus I, siklus II dan siklus III.