MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA BADAL KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

NOVITA SARI BUDIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0586P

Abstract

ABSTRAK Novita sari Budiarti: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A Tk Kusuma Mulia Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Berbicara, Bercerita, boneka tangan, Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Kusuma Mulia Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri pada kegiatan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan masih belum maksimal. Anak kurang bisa bercerita didepan kelas, karena kemampuan berbicaranya kurang dilatih. Hal ini disebabkan media belajar dan metode pembelajaran yang masih kurang. Permasalahan peneliti ini adalah “Apakah dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek Penelitian adalah anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan lembar unjuk kerja dan lembar observasi proses belajar pembelajaran untuk mengetahui nilai dari hasil penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 19,9% dari siklus I kesiklus II, dan 33,4 % dari siklus II kesiklus yang III. Dengan demikian Hipotesis yang menyatakan tindakan pembelajaran melalui penggunaan metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara dapat dibuktikan kebenarannya pada anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, diterima. Saran Bagi Guru TK, Khususnya TK Kusuma Mulia Badal sebaiknya menggunakan metode bercerita menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI