MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOWARNI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DESA KAYENLOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NIKMATUROFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0585

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOWARNI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DESA KAYENLOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 NIKMATUROFIAH 13.1.01.11.0585 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dema Yulianto, M.Psi dan Itot Bian Raharjo, S.Pd.,M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Perkembangan motorik kasar pada anak perlu adanya bantuan dari para pendidik di lembaga pendidikan anak usia dini yaitu dari sisi apa yang dibantu, bagaimana membantu yang tepat/appropriate, bagaimana jenis latihan yang aman bagi anak sesuai dengan tahapan usia dan bagaimana kegiatan fisik motorik kasar yang menyenangkan anak. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah permainan bola warna warni dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa kelompok B TK Dharma Wanita Desa Kayenlor Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi, dan dalam penelitian ini berlangsung 2 siklus, menggunakan lembar instrument berupa RPPM, RPPH, dan lembar observasi aktivitas siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Sebelum diadakan siklus 1 (prasiklus) meneliti mengobservasi aktivitas belajar siswa berupa aktivitas kelompok dan aktivitas individu. Dalam Pra Tindakan ini siswa yang sudah tuntas belajar 35 % dan siswa yang belum tuntas 65% dengan menggunakan metode chek list. Peneliti melakukan siklus 1 dengan hasil ketuntasan belajar 45 % mengalami peningkatan 10 % dari pra tindakan, namun masih jauh dari standar yang ditetapkan sehingga peneliti melakukan siklus 2, pada tahapan ini diperoleh hasil signifikan yakni mencapai 90%. Pada tahapan ini anak diberikan reward serta simulasi sehingga anak lebih memahami kegiatan permainan bowarni. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan bowarni di kelompok B TK Dharma Wanita Desa Kayenlor Kecamatan Plemahan Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat meningkatkan kemampuan motorik anak dengan baik. Kata Kunci : Motorik Kasar, Permainan Bowarni

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI