MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BERKERJASAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A RA PERWANIDA DANDONG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ANIK SUPRIHATININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0583
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa proses belajar mengajar bidang pengembangan sosial emosional dalam kemampuan bekerjasama pada anak Kelompok A RA Perwanida Dandong masih rendah. Rendahnya kemampuan bekerjasama anak disebabkan oleh kurang menariknya metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi. Hal ini ditunjukkan dari 18 anak, yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) dalam kemampuan bekerjasamanya hanya 5 anak (27,7%) dan sisanya sebanyak 13 anak (72,2%) belum berkembang (BB).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan bekerjasama pada anak Kelompok A RA Perwanida Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 18 anak pada RA Perwanida Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, Lembar Observasi anak. Pada siklus I diperoleh hasil 33,3%, siklus II 66,6% dan siklus III mencapai 88,8%. Pada siklus III pembelajaran dinyatakan tuntas karena prosentase keberhasilannya lebih dari 75%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan bekerjasama anak kelompok A RA Perwanida Dandong masih sangat rendah pada waktu Pra Tindakan dengan nilai ketuntasan 27,7%. (2) Peneliti menerapkan metode bermain peran. (3) Ketuntasan belajar pada Siklus I adalah 33,3%, Siklus II sebesar 66,6% dan Siklus III mencapai 88,8%. (4) Kemampuan bekerjasama anak mengalami peningkatan secara signifikan yaitu sebesar 88,8%, jadi hipotesis diterima.