UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN SIMPAI PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
OKTAVIA DWI CAHYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0579
Abstract
ABSTRAK
OKTAVIA DWI CAHYANI : Upaya mengembangkan kemampuan motorik kasar melalui permainan simpai pada anak kelompok A TK Aisyiyah Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci : Motorik Kasar, Bermain Simpai
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di TK Aisyiyah Ngunut dalam pembelajaran motorik kasar adalah anak kurang terampil dalam melakukan gerakan meloncat dan melompat, kegiatan pembelajaran motorik kasar belum bisa menarik minat anak, dan pemanfaatan keterampilan motorik kasar anak masih kurang bervariasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada anak kelompok A TK Aisyiyah Ngunut, anak kurang terampil dalam melakukan gerakan meloncat dan melompat, dimana saat melakukan gerakan meloncat dengan rintangan kaki anak masih mengenai rintangan tersebut. Dari 27 anak hanya 8 anak (30%) yang mampu melakukan kegiatan motorik kasar dengan baik, serta terdapat 8 anak (30%) yang belum mampu menjaga keseimbangannya untuk berdiri dengan salah satu kaki ditekuk selama beberapa detik saat melakukan pemanasan sebelum senam. Terdapat 6 anak (22%) yang masih kesulitan dalam menirukan gerakan secara terkoordinasi, 5 anak (18%) belum bisa melakukan kegiatan melempar dan menangkap bola dengan tepat, baik yang diakukan secara berkelompok, berpasangan, maupun individu.
Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut : Apakah penerapan permainan simpai dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Aisyiyah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?
Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK Aisyiyah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian unjuk kerja anak dan penilaian observasi guru.
Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak didik 67%, pada Siklus II ketuntasan belajar anak mencapai 70%, dan pada Siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 93%.
Kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa penggunaan permainan simpai dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Aisyiyah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016 / 2017, sehingga hipotesis penelitian ini diterima.