MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BOTOL PUTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
ASRI TOWILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0578P
Abstract
Abstrak
Asri Towilah : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Botol Putar Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, media botol putar
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa masih terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran membaca permulaan. Akibatnya suasana belajar menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari masih rendahnya kemampuan membaca permulaan pada anak TK.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu ”Apakah penggunaan media botol putar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung?”. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Memperoleh data tentang kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan. (2) Melakukan tindakan berupa penggunaan media botol putar sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung sesudah dilakukan tindakan. (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Lembar Observasi Unjuk Kerja anak didik. Dalam penelitian yang dilakukan, terdapat peningkatan kemampuan anak yang diperoleh dari hasil unjuk kerja pra tindakan sebanyak 47%, siklus I sebanyak 53%, Siklus II sebanyak 67% dan siklus III sebanyak 93%. Dari data tersebut terlihat adanya peningkatan nilai ketuntasan belajar peserta didik, dengan demikian kemampuan anak juga lebih naik dibanding sebelum diadakannya tindakan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Penggunaan media botol putar sebagai salah satu media dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.