UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AMPLOP AJAIB PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN BANGUNMULYO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

SULINTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0577P

Abstract

Abstrak SULINTIANA : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Amplop Ajaib Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP, UNP KEDIRI, 2015. Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Amplop Ajaib. Kemampuan berbahasa anak dalam membaca permulaan sangat perlu dikembangkan, agar dapat mempermudah anak dalam memperoleh pengetahuan. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan membaca permulaan anak masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan media Amplop Ajaib dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun Pelajaran 2014-2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memperoleh data tentang kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan, (2) Melakukan tindakan berupa penerapan media Amplop Ajaib sebagai upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 melalui Media Amplop Ajaib. Dari hasil analisis data diketahui bahwa : (1) Pada siklus 1, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak mencapai 25%, (2) Pada siklus 2, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak mencapai 55%, (3) Pada siklus 3, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 95% atau dikategorikan tuntas belajar dan telah memenuhi standar ketubtasan minimal yakni 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dan hipotesis tindakan diterima, yakni pembelajaran dengan media Amplop Ajaib dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dalam berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI