UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN BANGUNMULYO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
SITI ASMAUL KHUSNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0576P
Abstract
Abstrak
SITI ASMAUL KHUSNA Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Stick Angka Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Skripsi PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2015.
Kata kunci : Kemampuan Berhitung, Permainan Stick Angka.
Kemampuan berhitung merupakan bagian dari matematika, yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan berhitung anak masih rendah.Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan permainan Stick Angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung?”.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memperoleh data tentang kemampu-an berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan, (2) Melakukan tindakan berupa penerapan permainan Stick Angka sebagai upaya peningkatan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, (3) Mengum-pulkan data tentang kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 melalui permainan Stick Angka.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa : (1) Pada siklus 1, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak mencapai 59%, (2) Pada siklus 2, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak mencapai 68% (3) Pada siklus 3, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 95% atau dikategorikan tuntas belajar dan telah memenuhi standar ketubtasan minimal yakni 75%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dan hipotesis tindakan diterima, yakni pembelajaran dengan permainan Stick Angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Bangunmulyo