MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK DENGAN MEDIA GYPSUM PADA KELOMPOK B TK PERMATA PELANGI KECAMATAN PESANTREN KEDIRI
Author (Penulis)
MISNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0571P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan motorik halus khususnya kegiatan mencetak pada anak, hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran yang masih dibawah standar ketuntasan kelas.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah kegiatan mencetak melalui media gypsum dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Permata Pelangi Kota Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK TK Permata Pelangi Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 12 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian anak dan lembar observasi aktifitas guru.
Hasil penilaian anak pada kemampuan kegiatan mencetak dengan media gypsum dari setiap aspek yang diamati pada siklus I dengan prosentase ketuntasan sebesar 50%, pada siklus II dengan prosentase ketuntasan 67%, dan siklus III dengan prosentase ketuntasan 83%, dan dapat dinyatakan bahwa kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak dengan media gypsum pada anak kelompok B TK Permata Pelangi Kota Kediri sudah berhasil
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui kegiatan mencetak dengan media gypsum dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Permata Pelangi Kota Kediri, sehingga hipotesis dalam penelitian ini, diterima.