MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN ANGIN PUYUH PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SINGONEGARAN III KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
SARY WIJAYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0570
Abstract
Pengembangan kemampuan sosial emosional di TK bertujuan agar anak merasa percaya diri, mampu bersosialisasi dengan orang lain, menahan emosinya jika berada dalam suatu keadaan sesuai dengan kemampuan dan tingkat perkembangan anak. Untuk membentuk kemampuan sosial dan emosional anak dalam bekerjasama dapat dengan mengajak anak untuk berteman atau bergaul dengan orang lain yaitu dengan cara bermain. Berdasarkan observasi awal di TK Dharma Wanita Singonegaran III Kota Kediri, ternyata kemampuan sosial emosional anak dalam bekerjasama masih relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Dalam Bekerjasama Melalui Permainan Angin Puyuh Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Singonegaran III Kota Kediri”.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Singonegaran III Kota Kediri yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan sosial emosional anak dalam bekerjasama mulai dari siklus I, siklus II, dan tindakan siklus III.
Dengan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak dalam bekerjasama dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dengan baik, serta hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata Kunci: Sosial Emosional, Bekerjasama, Permainan Angin Puyuh