MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA GEMBONGAN 2 KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
TITIS NURWINDYASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0569P
Abstract
ABSTRAK Aspek perkembangan kognitif pada anak usia dini berkaitan dengan pengenalan konsep-konsep, terutama konsep bilangan yang akan menjadi dasar dalam pembelajaran. Anak usia dini memerlukan bimbingan dan pengarahan yang tepat untuk dapat mengenal penjumlahan dan pengurangan dengan baik. Dalam hal ini konsep penjumlahan dan pengurangan sangat menarik dan menyenangkan sebagai dasar untuk mengenal konsep kognitifnya. Dari hasil pembelajaran di kelompok A TK Dharma Wanita Gembongan 2, didapat masih rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan. Hal ini diduga disebabkan beberapa hal yaitu media yang digunakan kurang menarik, guru masih menggunakan lembar kerja yang kurang menarik bagi anak, dan metode yang digunakan guru masih sederhana, kurang menarik minat anak. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan maka Peneliti mencoba jalan keluar melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Gembongan 2 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yang berjumlah 15 anak, terdiri 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar penilaian kognitif anak, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian didapat pada siklus I ketuntasan mencapai 70%, dan siklus II ketuntasan mencapai 78,3%. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen mempunyai pengaruh positif pada anak yaitu meningkatnya kemampuan kognitif dalam mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan. Kata Kunci : metode eksperimen, kemampuan kognitif konsep penjumlahan dan pengurangan anak TK