MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN “AWAS ULAR” PADA ANAK KELOMPOK ATK DHARMA WANITA 02 KEBONDUREN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
WASTI ARTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0568P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada saat anak-anak diajak melakukan kegiatan pembelajaran motorik kasar di luar kelas anak kurang antusias karena kegiatan yang diberikan adalah kegiatan yang monoton, tidak menarik dan kurang menyenangkan bagi anak.
Permasalahan Peneliti telah dikemukakan dan dibatasi ruang lingkupnya maka peneliti ini dapat merumuskan “Apakah permainan “Awas Ular” dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Kebonduren Ponggok Blitar. Adapun indikatornya keberhasilan tindakan adalah kemampuan motorik kasar anak setelah dilakukan tindakan penelitian lebih baik dari pada kemampuan motorik kasar anak sebelum dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Dharma Wanita 02 Kebonduren Ponggok Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Instrumen pengumpulan data (Alat Penilaian Perkembangan Anak).
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: kegiatan permainan “Awas Ular” melalui media dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.