MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KREATIVITAS LAMPU LALU LINTAS PADA ANAK KELOMPOK A TK. AL HIDAYAH IV KEBONDUREN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
FARIDA ADININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0563
Abstract
Perkembangan Anak Usia Dini sangatlah penting diketahui oleh setiap orang tua agar dapat berkembang secara maksimal baik fisik maupun psikologi. Perkembangan keterampilan motorik halus merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan pribadi secara keseluruhan. Dimana keterampilan tersebut berguna untuk mengembangkan kemandirian, bersosialisasi, pengembangan konsep diri, kebanggaan diri dan berguna bagi keterampilan dalam aktifitas sekolah.Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Al Hidayah IV Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar pada anak Kelompok A menunjukkan keterlambatan dalam keterampilan motorik halusnya. Nilai prosentase ketuntasan hanya mencapai 26,67%.Apakah penerapan kegiatan kreativitas lampu lalu lintas dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Al Hidayah IV Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar?Pelaksanaan Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus menggunakan instrument RPPM, RPPH dan Lembar Unjuk Kerja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas lampu lalu lintas dapat mengembangkan motorik halus pada anak kelompok A TK Al Hidayah IV Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Dengan jumlah siswa 15 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai prosentase dari siklus I sampai dengan siklus III yaitu 40%, 66,67% dan 86,67%.Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui kreativitas lampu lalu lintas dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak. Oleh sebab itu, diharapkan seorang pendidik harus kreatif dan inovatif untuk dapat terciptanya tujuan pembelajaran yang diharapkan.