MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA KOTAK POS PADA ANAK KELOMPOK A TK AL KHODIJAH GEDANGAN KECAMATAN CAMPURDARAT


Author (Penulis)

SITI MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0562P

Abstract

Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu pendidikan untuk anak usia dini khususnya di Taman Kanak-Kanak perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, mereka butuh permainan sebagai media pendidikan dalam pembelajaran disekolah. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok A TK Al Khodijah Gedangan Kecamatan Campurdarat dalam memahami konsep bilangan dengan menggunakan media kotak pos sesuai indikator dalam kurikulum pembelajaran kemampuan kognitif anak dalam membilang dengan menunjuk benda sampai 10 (kog.30). Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Al Khodijah Gedangan dengan jumlah 15 anak, 8 laki-laki dan 7 perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan metode demonstrasi, dilakukan melalui 3 siklus yang setiap masing-masing siklus mempunyai tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitiaan kondisi awal kemampuan anak yang berkembang sebanyak 7 anak dengan prosentase 46,7% dari siklus I, II, III diketahui ada peningkatan jumlah anak yang tuntas belajar. Yaitu pada siklus I sebanyak 9 anak dengan prosentase ketuntasan 60%. Siklus II sebanyak 10 anak prosentase ketuntasan 66,7%. Siklus III sebanyak 13 anak prosentase ketuntasan 87% Berdasarkan uraian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa permainan dengan menggunakan media kotak pos dapat memotifasi anak didik kelompok A TK AL Khodijah Gedangan dalam mengembangkan kemampuan berhitung mengalami banyak peningkatan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI