MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM HAL MENGGAMBAR MELALUI MEDIA PASIR PADA ANAK KELOMPOK A TK ALHIDAYAH ABUNNAJA KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
SITI ROIHANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0561P
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kemampuan motorik halus dan kreatifitas guru dalam pengelolaan proses pembelajaran di taman kanak-kanak. Melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator dalam pembelajaran, supaya anak dalam belajar tidak merasa bosan, tidak semangat. Hal tersebut bila tidak segera diatasi akan menyebabkan kemampuan motorik halus anak tidak berkembang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa melalui kegiatan menggambar dengan media pasir dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Alhidayah Abunnaja Wonodadi kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Dan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berupaya memberikan gambaran secara sistematis dan akurat dalam mengungkapkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus siswa dengan kegiatan menggambar melalui media pasir di TK Alhidayah Abunnaja Bakalan Wonodadi Kabupaten Blitar.
PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus yang dilakukan di TK Alhidayah Abunnaja Wonodadi Kabupaten Blitar. Pada siklus pertama siswa belum terbiasa dalam kegiatan bermain di pasir dan kreativitas anak belum trelihat maksimal. Dalam hal ini perolehan hasil belajar siswa masih mencapai 60% dari semua siswa. Peran guru sebagai kolaborator juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran menggambar melalui media pasir sehingga perlu dilakukan siklus lanjutan. Pada siklus kedua terjadi peningkatan kreativitas anak yaitu menjadi 80% dari semua siswa. Anak sudah dapat mengembangkan imajinasi mereka dalam menggambar di media pasir.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan menggambar melalui media pasir dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Alhidayah Abunnaja wonodadi Kabupaten Blitar. Dan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di taman kanak-kanak.
Kata Kunci: Menggambar, Bermain Pasir