MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B3 TK NEGERI PEMBINA KABUPATEN BLITAR DI SRENGAT TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RUSDIANA PUJI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0560P
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan kedisiplinan anak. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran belum melibatkan anak dan belum memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi dan mencoba kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui metode bermain peran dalam pembelajaran dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar di Srengat Tahun Ajaran 2014/2015 Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina kabupaten Blitar di Srengat tanggal 05 Februari sampai 20 februari 2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dengan proses bersiklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan , yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan Guru Kelas B3. Hasil analisis data menunjukkkan kemampuan kedisiplinan anak dalam berdoa meningkat pada siklus I dari 64,5 % menjadi 75 % pada siklus II dan 88% pada siklus III. Kemampuan menaati peraturan juga meningkat dari 64,5 % pada siklus I menjadi 75 % pada siklus IIdan86,84% pada siklus . Kemampuan perhatian anak meningkat dari 71,05 % pada siklus I menjadi 89,43 % pada siklus II. Kedisiplinan bekerja sama juga meningkat dari 66,7 % pada siklus I menjadi 84,2 % pada siklus II. Peningkatan kemampuan kedisiplinan lainnya adalah dalam menyelesaikan tugas tepat waktu, meningkat dari 76,3 % pada siklus I menjadi 94,76 % pada siklus II. Kesimpulkan penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kabupaten Blitar di srengat Tahun Ajaran 2014/2015
Kata Kunci: Metode, Bermain Peran