MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERBUATAN YANG BENAR DAN YANG SALAH MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA II SAWO CAMPURDARAT TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

LING LING ASADTUN NISA\'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0559P

Abstract

ABSTRAK Ling Ling Asadatun Nisa’ : Meningkatkan Kemampuan Memahami Perbuatan Yang Benar dan Yang Salah Menggunakan Media Gambar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sawo Campurdarat Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata kunci : media gambar, pemahaman , perbuatan yang benar dan yang salah Penelitian ini menitik beratkan pada bidang pengembangan pembiasaan, khususnya pada aspek perkembangan moral sehingga aanak mampu memahami, mana perbuatan yang benar dan yang salah. Dalam kenyataannya di TK, guru seringkali dihadapkan pada persoalan sulitnya memilih media yang sesuai untuk pembelajaran peserta didik. Media gambar dipilih karena sifatnya sederhana, anak-anak sudah terbiasa dan melalui media gambar guru mampu menuangkan kreatifitas sesuai dengan materi ajar. Rumusan masalah penelitian ini, “Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan memahami perbuatan yang benar dan yang salah pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sawo Campurdarat Tulungagung?”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan memahami perbuatan yang benar dan yang salah pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sawo Campurdarat Tulungagung”. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita II Sawo Campurdarat Tulungagung sebanyak 20 anak. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar tentang kemampuan memahami perbuatan yang benar dan yang salah setelah guru menggunakan media gambar, ketuntasan kelas siklus I 40%, siklus II 70% dan siklus III 95%. Kesimpulan Penelitian ini adalah melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan memahami perbuatan yang benar dan yang salah pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sawo Campurdarat Tulungagung. Dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan kepada guru TK agar mampu memberikan pembelajaran dengan metode dan media yang beragam serta bervariasi agar kemampuan anak dapat berkembang optimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI