MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN BOX MAGIC PADA ANAK KELOMPOK B TK. AL HIDAYAH IV KEBONDUREN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

BINTI WASITAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0557

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Al Hidayah IV Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017 masih rendah. Rendahnya kemampuan berbicara disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bersifat tradisional dan strategi pembelajaran yang monoton dimana guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dan permainan yang membosankan terlihat pada hasil penilaian kemampuan berbicara tingkat ketuntasan mencapai 47,4%. Rumusan masalah dan penelitian ini adalah apakah permainan Box Magic dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok B TK Al Hidayah IV Kebonduren Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui permainan Box Magic dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa Kelompok B TK AL Hidayah IV Kebonduren.Dengan jumlah siswa 19 anak, 11 laki-laki dan 8 perempuan.Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen RPPM, RPPH, dan Lembar Penilaian Unjuk Kerja.Simpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan Box Magic dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok B TK Al Hidayah IV Kebonduren. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai proses dari siklus I sampai siklus III, mengalami peningkatan 31,5%. Dengan rincian siklus I 52,7% siklus II 68,5% dan pada siklus III tindak belajar anak sebesar 84,2%.Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan Box Magic mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dan penerapan permainan Box Magic yang terbuat dari bahan bekas dan bahan sederhana lainnya memiliki dampak positif. Mampu meningkatkan minat belajar anak, melatih daya pikir anak dan mengembangkan daya kreativitasnya, sehingga kemampuan berbicara anak dapat meningkat didukung oleh kesiapan guru dalam menyampaikan pembelajaran menggunakan media Box Magic mampu memotivasi anak untuk percaya diri melakukan sesuatu yang baru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI