MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PANCING IKAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK KELURAHAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI ELSI DWI ARYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0556P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan dan warna pada anak kelompok B di TK PKK Kelurahan Blitar yang masih sangat rendah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan bermain pancing ikan, karena menurut peneliti dengan bermain sangat cocok untuk diterapkan pada anak usia dini karena menggunakan konsep bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK PKK Kelurahan Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 17 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan tehnik analisis data deskriptif dan hasilnya diketahui bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan dan warna mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus I diperoleh hasil 35,3 % meningkat menjadi 58,8 % pada siklus II. Dan pada siklus III hasilnya meningkat lagi menjadi 94,1, %. Dengan melihat hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan bermain pancing ikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK PKK Kelurahan Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Kognitif, Bermain Ika

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI