MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL SAINS SEDERHANA MELALUI KEGIATAN BERMAIN AIR PADA ANAK KELOMPOK A RA CERIA DARUL FAQIH KECAMATAN SRENGAT KAPUBATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NURIL ULFA NAHARUT T
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0553

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak Kelompok A RA Ceria Darul Faqih Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dalam bidang pengembangan kognitif terutama dalam pengenalan sains senderhana masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena kesiapan penalaran anak dalam menerima materi secara abstrak dalam pembelajaran masih rendah, strategi pembelajaran terlalu monoton serta media yang digunakan kurang menarik.Rumusan masalah penelitan ini adalah apakah bermain air dapat mengembangkan kemampuan mengenal sains sederhana pada anak kelompok A di RA Ceria “Darul Faqih” Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 16 anak didik pada RA Ceria “Darul Faqih” Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan hasil ketuntasan belajar anak didik mencapai 81,25% pada siklus ke tiga. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak didik dan rubrik unjuk kerja.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan mengenal sains sederhana anak Kelompok A RA Ceria Darul Faqih pada waktu pra tindakan masih sangat rendah dengan nilai ketuntasan sebesar 37,5%, (2) Hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I sebanyak 50% yang belum tuntas 50%. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar anak sebanyak 68,75% yang belum tuntas 31,25%. (3) Hasil ketuntasan belajar anak pada siklus III sebanyak 81,25% dan yang belum tuntas sebanyak 18,75%. (4) Perbedaan ketuntasan belajar anak dari pra tindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III dapat diketahui ada peningkatan. Dengan demikian dapat dikatakan kegiatan bermain air dapat meningkatkan kemampuan mengenal sains sederhana pada anak kelompok A RA Ceria “Darul Faqih” Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI