MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN \"TiGor\" PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

LINDA ARUMNINGTIAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0549

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN “TIGOR” PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LINDA ARUMNINGTIAS 13.1.01.11.0549 FKIP-Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Arumningtias813@gmail.com Dema Yulianto, M.Psi dan Itot Bian Raharjo, S.Pd.,M.M UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri masih kurang, siswa kurang berminat, mudah bosan dan juga kurang bervariasi. Sehingga suasana kelas menjadi pasif dan membosankan, hal ini dapat dilihat bahwa dari 20 anak kelompok A yang sudah mengenal bentuk geometri hanya 5 anak (25%). Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan kemampuan mengenal bentuk geometri peserta didik adalah dengan media”TiGor”. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penerapan permainan TiGor dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri di kelompok A TK Al- Ikhlas Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?”.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A yang berjumlah 20 anak didik pada TK Al-Ikhlas Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan perangkat pembelajaran berupa RPPM, RPPH, Lembar Unjuk Kerja Siklus I,II, dan III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A TK Al-Ikhlas Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017 melalui kegiatan “TiGor” mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentase kriteria ketuntasan minimal kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri dengan tepat mulai dari pra tindakan hanya 25%, siklus I yang hanya mencapai 50%, meningkat pada siklus II menjadi 75%, dan pada akhir siklus III hampir semua anak termasuk dalam kategori tuntas dengan persentase 95%.Dilihat hasil analisis data yang diperoleh dari hasil unjuk kerja pada anak kelompok A di TK Al- Ikhlas Karangrejo maka dapat diambil kesimpulan bahwa, ada peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri dengan menggunakan media “TiGor” mulai dari tindakan siklus I sampai siklus III. Dengan demikian, dapat dikatakan kegiatan permainan “TiGor” dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri di kelompok A TK Al- Ikhlas Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung”. Kata Kunci :Kemampuan mengenal bentuk geometri, media “TiGor”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI