MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI KEGIATAN FINGER STYLE MENGGUNAKAN MEDIA PASIR PANTAI ANAK KELOMPOK A TK PGRI PANGGUNGUNI KECAMATAN PUCANGLABAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI ELIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0547

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan di TK PGRI Panggunguni pada kelompok A di awal penelitian ini disebabkan karena saat proses pembelajaran peran guru masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru. Selain itu, dalam proses pembelajaran guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dan permainan yang tepat yang dapat menambahkan motivasi belajar anak. Penggunaan metode paper pencil test oleh guru juga memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak.Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan finger style menggunakan media pasir pantai dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 anak kelompok A TK PGRI Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK PGRI Panggunguni. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Unjuk Kerja Siklus I, II, dan III.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dari persentase kriteria ketuntasan minimal kemampuan anak dalam menulis angka dengan cepat dan tepat serta sesuai waktu yang ditentukan oleh guru mulai dari sebelum diadakan tindakan (pra siklus) hanya mencapai 23,3%, kemudian pada siklus I yang mencapai 33,4% dan meningkat pada siklus II menjadi 58,3%. Pada akhir siklus III hampir semua anak termasuk dalam kategori tuntas dengan persentase 83,3%, dari data tersebut menunjukkan tindakan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kegiatan finger style menggunakan media pasir pantai pada anak kelompok A TK PGRI Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung sudah mengalami peningkatan atau kemajuan dan penelitian dinyatakan berhasil.Dilihat dari simpulan tersebut, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut: (1) Lembaga TK hendaknya menyediakan berbagai macam media yang lebih bervariatif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, (2) Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam hal mengenal konsep angka 1-10.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI