MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK MELALUI PENGGUNAAN CELEMEK CERITA PADA KELOMPOK B TK BUSTANUL AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KESAMBEN KAB. BLITAR
Author (Penulis)
ANA WIJIRAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0546
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran bercerita di TK masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah sehingga hasil belajarnyapun rendah.
Perumusan masalah ini adalah Apakah penggunaan celemek cerita dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesamben kabupaten Blitar tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesamben Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instru-men berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini mengemukakan bahwa penggunaan celemek cerita dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesamben Kabupaten Blitar, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis yang didapat bahwa rata-rata kemampuan bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kesamben Kabupaten Blitar pada tindakan prasiklus sebesar 20% Siklus I sebesar 33% dan meningkat pada Siklus II 66% dan Siklus III sebesar 80%. Sehingga hipotesis tindakan ini diterima.