MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN SHOW ME ALFABET PADA ANAK KELOMPOK A TK PKK PULEREJO 03 KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

EKO YULITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0543

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran bahasa khususnya mengenal huruf masih rendah, hal ini ditunjukkan hasil penilaian mengenal huruf pada RPPH yaitu dari 17 anak hanya ada 3 anak yang dapat mengenal huruf dengan baik dan mendapat ? 3, 6 anak mendapat ? 2, sedangkan 8 anak mendapat ? 1. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama anak belum mampu mengenal huruf dengan baik karena proses pembelajaran masih didominasi oleh peran guru, selain itu dalam proses pembelajaran guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dan permainan yang tepat yang dapat menambah motivasi belajar anak.Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Apakah permainan show me alfabet dapat mengembangan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf anak kelompok A TK PKK Pulerejo 03 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Memperoleh data tentang kemampuan anak dalam mengenal huruf sebelum dilakukan tindakan (2) Melakukan tindakan berupa penerapan permainan show me alfabet sebagai upaya untuk meningkatan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan anak dalam mengenal huruf setelah dilakukan tindakan (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK PKK PULEREJO 03 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, alat penilaian perkembangan anak, lembar observasi guru.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 35,3% dari 17 anak belum memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang didapat meningkat menjadi 70,6%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 88,2% sehingga anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan show me alfabet dapat mengembangkan kemampuan bahasa dalam mengenal huruf pada anak kelompok A TK PKK Pulerejo 03 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI