MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP POLA DAN WARNA MELALUI PERMAINAN LAYANG-LAYANG PADA ANAK KELOMPOK B TK. PKK PLANDIREJO 01 KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SUDARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0542

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kondisi anak dalam mengenal konsep pola dan warna masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian mengurutkan pola dan warna yang ada pada RPPH yaitu dari 15 anak hanya 7 anak yang dapat mengurutkan pola dan warna dengan tepat.1 anak mendapat bintang 4 (????), 6 anak mendapat bintang 3(???),4 anak mendapat bintang 2 (??), 4 anak mendapat bintang 1 (?). Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama anak belum mampu mengembangkan kemampuan kognitif dengan baik karena kegiatan yang dilakukan oleh guru kurang menarik dan tidak menggunakan alat dan media dalam menyampaikan materi pelajaran.Rumusan Masalah penelitian ini adalah “apakah permainan layang-layang dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola dan warna pada anak Kelompok B di TK PKK Plandirejo 01 Tahun 2016/2017 ?”Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep pola dan warna melalui permainan layang-layang dalam pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dari hasil data yang diperoleh dari pra siklus mencapai 46,67%, siklus I mencapai 60%, pada siklus II mencapai 80%, dan pada siklus III mencapai 93,33%.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) dalam penggunaan media layang-layang dalam pembelajaran diperlukan guru sebagai motivator, kreatif dalam mendesain kegiatan permainan layang-layang sehingga mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola dan warna. (2) perencanaan yang matang akan berdampak pada kesuksesan dalam pembelajaran, membuat anak-anak senang dan meningkatkan sumber daya manusia sebagai tinjauan utama guru. (3) penyajian permainan layang-layang yang menarik dapat memotivasi siswa dan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI