MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BILANGAN 1-20 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GENDANG JIMBE PADA ANAK KELOMPOK B TK. PGRI 01 BAJANG KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DIAN RETNO ANAWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0541

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan 1-20 pada anak kelompok B TK PGRI 01 Bajang Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, hasilnya masih rendah. Dari hasil pra tindakan prosentase jumlah anak yang belum mengalami ketuntasan belajar sebesar 50%.Guru belum menggunakan media dalam pembelajaransehingga kegiatan pembelajaran tidak berjalan secara optimal dan anak tidak terlibat aktifsertakurang berminat padapembelajaran mengenal bilangan 1-20.Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media gendang jimbe dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan 1-20 pada anak Kelompok B TK PGRI 01 BajangKecamatan Talun Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok B TK PGRI 01 BajangKecamatan Talun Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, pedoman penilaian unjuk kerja dan lembar observasi guru dalam proses belajar pembelajaran.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dalam siklus tindakan ditemukan langkah-langkah efektif yang perlu ditempuh guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan menggunakan media gendang jimbe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gendang jimbe dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan 1-20. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan ketuntasan kemampuan anak dalam setiap siklus mulai dari pra tindakan (50%), Siklus I (60%), Siklus II (70%), Siklus III (80%).Berdasarkan kesimpulan penelitian direkomendasikan (1) bagi lembaga disarankan upaya peningkatan yang sudah dilakukan peneliti bisa dijadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan 1-20,(2) bagi guru untuk mengadakan penelitian yang serupa, (3) bagi peneliti lain disarankan untuk menggunakan media yang bervariasi untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI