MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEJALA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN SEMBURAN SODA PADA ANAK KELOMPOK A TK ALHIDAYAH XXII BLITAR


Author (Penulis)

SUPARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0539P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pengalaman peneliti yang mengajar di kelompok A TK ALHIDAYAH BLITAR yang proses pembelajarannya masih klasikal belum menggunakan metode pembelajaran terutama dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif. Permasalahan penelitian ini adalah apakah metode eksperimen semburan soda dapat mengembangkan kemampuan mengenal gejala alam pada anak kelompok A TK ALHIDAYAH XXII Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK ALHIDAYAH XXII Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh hasil 45% pada kemampuan eksperimen anak dan menjadi 65% pada siklus II. Pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 90% anak-anak lebih memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode eksperimen semburan soda dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan mengenal gejala alam pada anak kelompok A TK ALHIDAYAH XXII Blitar. Kata Kunci : gejala alam, semburan soda

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI