MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEJALA ALAM MELALUI METODE EKSPERIMEN SEMBURAN SODA PADA ANAK KELOMPOK A TK ALHIDAYAH XXII BLITAR
Author (Penulis)
SUPARMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0539P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pengalaman peneliti yang mengajar di kelompok A TK ALHIDAYAH BLITAR yang proses pembelajarannya masih klasikal belum menggunakan metode pembelajaran terutama dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah metode eksperimen semburan soda dapat mengembangkan kemampuan mengenal gejala alam pada anak kelompok A TK ALHIDAYAH XXII Blitar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK ALHIDAYAH XXII Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja.
Hasil penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh hasil 45% pada kemampuan eksperimen anak dan menjadi 65% pada siklus II. Pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 90% anak-anak lebih memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode eksperimen semburan soda dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan mengenal gejala alam pada anak kelompok A TK ALHIDAYAH XXII Blitar.
Kata Kunci : gejala alam, semburan soda