MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI PADA KELOMPOK A RA. AL IRSYAD PONGGOK BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LENI BUDIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0538

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak anak terlihat dari komunikasi yang mereka gunakan sehari-hari disekolah dan kurang aktifnya dalam kegiatan Tanya jawab.Guru juga kurang memanfaatkan metode yang menarik minat anak untuk kegiatan pembelajaran di kelas.Hal tersebut menyebabkan kemampuan menyimak belum berkembang.Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode bercerita dengan media film animasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A RA Al-Irsyad kecamatan Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017?”.Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan menyimak, melakukan tindakan berupa metode bercerita dalam pembelajaran sebagai upaya mengembangkan kualitas pembelajaran, mengumpulkan data tentang kemampuan menyimak, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menyimak anak kelompok A di RA Al-Irsyad Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek anak kelompok A RA Al-Irsyad Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, dan sarana prasarana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunan metode bercerita dengan menggunakan media film animasi mampu meningkatan kemampuan menyimak anak. Pada pra tindakan kemampuan kemampuan menyimak anak sebesar 20% meningkat pada siklus I sebesar 40% meningkat pada siklus II sebesar 66,7% dan meningkat secara signifikan pada siklus III sebesar 80%.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan penggunaan metode bercerita dengan menggunakan media film animasi adalah mengembangkan kemampuan menyimak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI