MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN MEMBACA CERITA BERGAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK A TK AL HIDAYAH BENCE 1 TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NURUL MUBARIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0537

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan berbicara anak .karena anak kurang aktif, lebih banyak menerima informasi dari pada mengeluarkan pendapatnya. Gurumasih kurang dalam menggunakan media yang sesuai untuk perkembangannya. Dan kemampuan bahasa yang di kembangkan di TK adalah menekankan pada kegiatan mendengar dan berbicara yang bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk berbahasa indonesia dengan baik dan benar. Permasalahan penelitian ini” Apakah melalui kegiatan membaca cerita bergambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak ?”Kegiatan membaca cerita bergambar seri merupaka strategi mendasar untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan membina hubungan interaksi dengan anak-anak. Memang pada usia anak-anak kemampuan bahasa belum cukup dikuasai dan bahasa tulisanpun masih tahap proses pengenalan, tapi anak sudah punya kemampuan bahasa rupa(gambar). Melalui seluruh kemampuan yang dimiliki anak yaitu perpaduan antara bahasa kata dan bahasa gambar, anak dapat memahami dan mengerti apa yang dikatakan orang lain kepadanya. Selain itu cerita bergambar seri dapat menumbuhkan imajinasi anak sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan perasaanya.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan menggunakan tiga siklus. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa rata-rata kemampuan bicara pada anak kelompok A TK Al Hidayah Bence 1 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2016/2917. Pada Siklus I adalah 33 %, siklus ke II adalah 47 % dan siklus ke III adalah 87 %, maka peneliti atau guru lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan kegiatan pembelajaran yang lebih baik.Kesimpulannya bahwa tindakan pembelajaran melalui kegiatan membaca cerita bergambar seri dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Al Hidayah Bence 1 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI