MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI METODE KARYA WISATA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA ANAK KELOMPOK A TK. DHARMA WANITA BAGELENAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

KUMROHATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0536

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dominasi penggunaan metode ceramah, pemberian tugas, serta lembar kerja, media pembelajaran tidak bervariasi (media gambar), dan peluang anak diberi kesempatan sangat minim.Hal tersebut menyebabkan kemampuan berhitung 1-10 rendah.Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode karya wisata dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Bagelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017?”.Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan berhitung 1-10, melakukan tindakan berupa metode karya wisata dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, mengumpulkan data tentang kemampuan berhitung 1-10, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berhitung 1-10 anak kelompok A di TK Dharma Wanita Bagelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek anak kelompok A TK Dharma Wanita Bagelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, lembar observasi guru, lembar penilaian anak, dan sarana prasarana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunan metode karya wisata mampu meningkatan kemampuan berhitung 1-10 anak dan aktivitas guru. Pada pra tindakan kemampuan berhitung 1-10 anak sebesar 21,21% meningkat pada siklus I sebesar 30,3% meningkat pada siklus II sebesar 54,54% dan meningkat secara signifikan pada siklus III sebesar 87,87%. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 83% pada siklus II dan meningkat pada siklus III sebesar 100%.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) tujuan penggunaan metode karya wisara dengan memanfaatkan lingkungan sekitar adalah mengembangkan kemampuan berhitung anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI