MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL BEKERJASAMA DENGAN PERMAINAN ANCAK-ANCAK ALIS PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RATNA DEWI NAWANGSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0535

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kemampuan mengembangkan sosial emosional bekerjasama pada kelompok A TK Pertiwi Kamulan masih sangat kurang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok A TK Pertiwi Kamulan Kecamatan Talun Kabupaten Blitar yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu kemampuan sosial emosional bekerjasama. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang menggunakan instrumen berupa RPPM (Rencana Program Pembelajaran Mingguan), RPPH (Rencana Program Pembelajaran Harian), Lembar observasi aktivitas siswa, Lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Permainan Ancak-ancak Alis dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional bekerjasama anak.(1) Melalui pra siklus 40,5%. (2) Melalui siklus I dapat meningkat dengan prosentase 60%.Melalui siklus II dapat meningkat menjadi 71,25%. (3) Melalui siklus III dapat meningkat menjadi 90%. Berdasarkan simpulan ini kegiatan mengembangkan sosial emosional bekerjasama melalui permainan ancak-ancak alis sangat meningkat sesuai minimum ketuntasan 75%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI