PERMAINAN JEMBATAN PELANGI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD FLAMBOYANT DS. KEDUNGBANTENG, BAKUNG - BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
JUWARIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0529
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A PAUD Flamboyant masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang tersedianya alat dan bahan yang dapat mendorong anak melakukan kegiatan bermain, guru kurang bisa membangkitkan semangat belajar ditunjukkan masih menggunakan buku penunjang, anak mempunyai asumsi jika warna yang digunakan tidak sama dengan contoh guru akan dianggap salah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui permainan jembatan pelangi dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A PAUD Flamboyant. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A PAUD Flamboyant desa Kedung banteng kecamatan Bakung, Blitar. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi guru dan lembar penilaian observasi anak. Hipotesis tindakan dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan batas ketuntasan minimal 75 %. Hasil penelitian ini menunjukkan pada pra siklus sebesar 30,8%, pada siklus 1 meningkat menjadi 46,16% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 92,3% yang telah memenuhi criteria ketuntasan. Melalui tindakan dari pra siklus hingga siklus 2 terbukti dapat meningkatkan belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mencampur warna pada permainan jembatan pelangi dapat mengembangkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A PAUD Flamboyant Desa Kedungbanteng, Bakung – Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017.