MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BERHITUNG MELALUI PERMAINAN IKAN PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI JEDING KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SUNARWIYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0526P
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kemampuan konsep bilangan pada anak Kelompok A di TK Pertiwi Jeding Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Guna meningkatkan hasil prestasi pada anak Kelompok A di TK Pertiwi Jeding Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar tersebut, peneliti mengatasi masalah pembelajaran meningkatkan Kemampuan Konsep bilangan dengan menggunakan metode bermain.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok A di TK Pertiwi Jeding Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Instrumen yang digunakan Penelitian untuk pengumpulan data berupa table observasi. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan Penelitian baik perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi maupun refleksi.
Berdasarkan hasil Penelitian yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus menggunakan instrumenberupa RKH, RKM. Lembar Observasi Aktivitas Anak dan Lembar Aktifitas Guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini diketahui bahwa ketuntasan belajar anak dengan menerapkan metode bermain mengalami peningkatan sebesar 45% pada siklus I, pada siklus II 70% dan pada siklus III 80%.
Kata kunci ; kognitif, metode bermain dan konsep bilangan