MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEDERHANA MENGGUNAKAN MEDIA KERETA BERNOMOR PADA ANAK KELOMPOK B TK PLUS BAITUL HUDA SAWO KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
TATIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0525P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa guru kurang kreatifitas dalam menciptakan media sebagai penunjang pembelajaran serta media yang digunakan guru kurang bervariasi dan juga masih menggunakan metode yang membuat anak merasa bosan dan tidak ada rasa antusias pada anak untuk aktif didalam kelas.
Permasalahan dalam penelitian ini, "Apakah melalui media Kereta Bernomor dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika sederhana pada anak kelompok B TK Plus Baitul Huda Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui " Media Kereta Bernomor " dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika sederhana ada anak kelompok B TK Plus Baitul Huda Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Plus Baitul Huda Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, Lembar Observasi Aktivitas siswa, Lembar observasi aktivitas Guru Lembar Kerja Anak (LKA) dan Catatan lapangan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa, tindakan pembelajaran melalui media kereta bernomor dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika sederhana pada anak kelompok B TK Plus Baitul Huda Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015
Kata kunci : Media belajar " Kereta Bernomor ", Konsep Matematika Sederhana.