MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL PROSES PERTUMBUHAN TANAMAN MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL KHODIJAH GEDANGAN
Author (Penulis)
SITI HINDUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0524P
Abstract
Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menentukan masa selanjutnya dan meletakan dasar bagi kehidupan seseorang di masa dewasa. Dalam masa ini perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan karena mempunyai tujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajarnya.
Salah satu bidang peningkatan yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah terkait dengan bidang peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal proses pertumbuhan tanaman. Dalam masa ini perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan karena mempunyai tujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajarnya, dapat menemukan berbagai aternatif pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logikanya dan pengetahuan akan ruang dan waktu,serta mempunyai kemampuan mengelompokan serta mempersiapkan pengembangan kemampuan berfikir teliti.
Dari hasil penelitian dari siklus I, II, II diketahui adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar. Yaitu pada siklus I sebanyak 4 anak dengan persentase ketuntasan 25%, siklus II sebanyak 6 anak dengan persentase ketuntasan 37,50%, dan siklus III sebanyak 13 anak dengan persentase ketuntasan 81,25%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenaal proses pertumbuhan tanaman pada anak kelompok B TK Al Khodijah Gedangan.
Kata kunci : Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Proses Pertumbuhan Tanaman dan Karyawisata.