MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERMAIN \"PASKAI SUKA\" PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA JABON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NURISMA TRI AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0523

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Pembelajaran di TK masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalah peneliti ini adalah apakah melalui metode bermain paskai suka dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri semester II Tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Jabon. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru. Hasil pada siklus 1 adalah dengan kriteria ketuntasan 10 anak dengan persentase 71,5% sedangkan pada siklus 2 dengan kriteria ketuntasan 12 anak dengan persentase 85,7%.Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain paskai suka dengan menggunakan media balok suku kata dan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI