MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM KEGIATAN MENGHUBUNGKAN GAMBAR DENGAN KATA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B1 TK AL AZHAAR BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI SOLISAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0517P

Abstract

Abstrak SITI SOLISAH : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dalam kegiatanMenghubungkan Gambar dengan Kata melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Didik Kelompok B1 TK Al Azhaar Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Kediri. Skripsi PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2015. Kata kunci : membaca permulaan, menghubungkan gambar dengan kata Perkembangan berbahasa anak merupakan suatu proses yang secara berturut- turut dimulai dari mendengar, selanjutnya berbicara, membaca dan menulis). Kemampuan membaca permulaan diperlukan oleh anak dalam rangka membentuk perilaku membaca, meningkatkan beberapa kemampuan sederhana dan ketrampilan pemahaman, serta mengembangkan kesadaran huruf . Sehingga anak mempunyai kemampuan antara lain sebagai berikut: mengenali nama mereka sendiri, mendemonstrasikan cara yang benar menggunakan buku, mengekspresikan pendapat tentang apa yang sudah dibaca. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 TK Al Azhaar Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?” Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : (1) Kualitas pembelajaran dan kemampuan membaca permulaan (2) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan (3) Ketuntasan belajar yang dicapai oleh anak. Penelitian yang dilakukan termaasuk jenis Tindakan Penelitian Kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Al Azhaar Bandung yang berjumlah 14 anak. Kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Kegiatan Harian dan kegiatan menghubungkan gambar dengan kata. Sedangkan instrumen penilaiannya adalah lembar observasi hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penugasan. Dalam penelitian ini kemampuan membaca permulaan anak mengalami peningkatan yang signifikan.Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I, anak yang tuntas dalam kemampuan membaca permulaan sebanyak 10 anak atau 69,64% Dan pada siklus II diadakan perbaikan atau penyempurnaan berdasarkan kendala pada siklus I. Hasil kemampuan motorik kasar anak pada siklus II, anak yang telah tuntas sebanyak 12 anak atau 80,35%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari observasi pada anak kelompok B TK Al Azhaar Bandung Tulungagung maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. (2) Kemampuan membaca permulaan meningkat dari setiap siklus dan dikategorikan baik. Kegiatan menghubungkan gambar dengan kata melalui metode pemberian tugas dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI