Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Halang Rintang di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015
Author (Penulis)
LILIK SUPRIYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0513P
Abstract
ABSTRAK
Supriyaningsih, Lilik. 2014. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Halang Rintang di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. Jurusan PG-PAUD FKIP UNP PGRI Kediri.
Kata Kunci: kemampuan motorik kasar, permainan halang rintang, anak TK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalamein pcneliti bahwa kemampuan fisik motorik, terutama kemampuan motorik kasar yang hams dikembangkan, karena kemampuan motorik kasar merupakan kemampuan anak dalam meningkatkan ketrampilan dan koordinasi gerak anak. Anak kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung kemampuan motorik kasar anak masih belum optimal seperti yang diharapkan. Permasalahan penelitian ini adalah: "Apakah permainan halang rintang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung?". Tujuan Penelitiannya adalah 1) Memperoleh data tentang kemampuan motorik kasar anak sebelum dilakukan tindakan di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun. 2) Melakukan tindakan dengan menerapkan permainan halang rintang dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. 3) Mengumpulkan data tentang kemampuan motorik kasar anak sesudah dilakukan tindakan di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun. 4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan halang rintang di kelompok B TK Dharma Wanita TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan permainan halang rintang dapat ditemukan pelaksanaan langkah-langkah efektif dalam permainan halang rintang pada anak di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015. (2) Melalui siklus tindakan penerapan permainan halang rintang terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B TK Dharma Wanita Kranganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015.