MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGELOMPOKKAN BENDA TIGA DIMENSI MELALUI MEDIA MENARA BERTINGKAT PADA ANAK KELOMPOK A PAUD BHAKTI PRATAMA DESA SAMBITAN KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

DWI YULIS SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0512P

Abstract

Abstrak DWI YULIS SETYAWATI : Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengelompokkan Benda Tiga Dimensi Melalui Media Menara Bertingkat Pada Anak Kelompok A PAUD Bhakti Pratama Desa Sambitan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI, 2015. Kata kunci : kemampuan kognitif, mengelompokkan benda tiga dimensi, media menara bertingkat. Kemampuan kognitif anak dalam mengelompokkan benda tiga dimensi sangat perlu dikembangkan agar anak dapat memahami bentuk-bentuk benda tiga dimensi, ukuran serta warna dari bangun tersebut, sehingga pengetahuan anak dalam menganalisis dan meneliti akan lebih berkembang secara optimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan di PAUD Bhakti Pratama Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung pada Kelompok A didapatkan hasil bahwa kemampuan kognitif dalam mengelompokkan benda tiga dimensi masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan media menara bertingkat dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengelompokkan benda tiga dimensi pad anak kelompok A PAUD Bhakti Pratama Desa Sambitan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014-2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memperoleh data tentang kemampuan dalam mengelompokkan benda tiga dimensi pada anak kelompok A PAUD Bhakti Pratama Desa Sambitan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan, (2) Melakukan tindakan berupa penggunaan media menara bertingkat untuk meningkatan kemampuan dalam mengelompokkan benda tiga dimensi pada anak kelompok A PAUD Bhakti Pratama Desa Sambitan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan dalam mengelompokkan benda tiga dimensi pada anak kelompok A PAUD Bhakti Pratama Desa Sambitan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung; (4) Mengetahui ada tidaknya pengembangan kemampuan dalam mengelompokkan benda tiga dimensi anak kelompok A PAUD Bhakti Pratama Desa Sambitan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung melalui media Menara Bertingkat.. Dari hasil analisis terbukti bahwa : (1) Pada siklus 1 berhasil mencapai 43,75% (2) Pada siklus 2 mencapai 62,5% (3) Pada siklus 3 mencapai 81,25% atau dikategorikan tuntas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dan hipotesis tindakan diterima, yakni pembelajaran dengan media menara bertingkat dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengelompokkan benda tiga dimensi pada anak kelompok A PAUD Bhakti Pratama Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI