MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI MEDIA KARTU SUKU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B TK PLUS BAITUL HUDA SAWO KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MUSLIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0510

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, pada kelompok B yaitu kelompok usia 5-6 tahun mengalami kesulitan pada kemampuan membaca. Karena dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, tidak adanya media yang digunakan, sehingga suasana belajar masih monoton dan antusias dari siswa masih sangat terbatas.Tujuan penelitian adalahMengumpulkan data tentang kemampuan membaca sesudah dilakukan tindakan.Metode Penelitianini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian diTK Plus Baitul Huda Sawo Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian: “Media suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK Plus Baitul Huda Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017”. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Pra tindakan ketuntasan belajar anak 40%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 53%, meningkat pada siklus II menjadi 73%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 80%. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI