MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK MELALUI MEDIA KARTU SUKU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B TK PLUS BAITUL HUDA SAWO KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MUSLIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0510
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan, pada kelompok B yaitu kelompok usia 5-6 tahun mengalami kesulitan pada kemampuan membaca. Karena dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, tidak adanya media yang digunakan, sehingga suasana belajar masih monoton dan antusias dari siswa masih sangat terbatas.Tujuan penelitian adalahMengumpulkan data tentang kemampuan membaca sesudah dilakukan tindakan.Metode Penelitianini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian diTK Plus Baitul Huda Sawo Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian: “Media suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK Plus Baitul Huda Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017”. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian pada Pra tindakan ketuntasan belajar anak 40%, meningkat pada siklus I taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 53%, meningkat pada siklus II menjadi 73%, dan pada siklus III taraf ketuntasan belajar anak didik mencapai 80%. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.