UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK UTAMA 01 NGEMTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SULISMIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0508
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok B mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada kemampuan menyimak. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, tidak adanya media yang digunakan, sehingga suasana belajar masih monoton dan antusias dari siswa masih sangat terbatas.Rumusan masalah: Apakah penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada kelompok B di TK Utama Ngentrong Kec. Campurdarat Kab. Tulungagung tahun pelajaran 2016/ 2017?. Tujuan penelitian: 1) Memperoleh data tentang kemampuan menyimak kelompok B sebelum dilakukan tindakan, 2) Melakukan tindakan berupa penerapan media boneka tangan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak kelompok B, 3) Mengumpulkan data tentang kemampuan menyimak kelompok B sesudah dilakukan tindakan. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian: TK Utama 01 Ngentrong Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi. Analisis data dilakukan pada saat di lapangan dan sesudah data terkumpul. Analisis data dengan penyusunan format observasi. Hasil penelitian Pra tindakan ketuntasan belajar anak 26%, meningkat pada siklus I mencapai 48%, meningkat pada siklus II menjadi 71%, dan pada siklus III mencapai 97%.”Kesimpulan: “Media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B di TK Utama 01 Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017”.