MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN CELEMEK KATA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK BINA ANAK BANGSA KEPATIHAN KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DINA CHUSNUL CHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0502

Abstract

Permainan Celemek kata digunakan dalam meningkatkan kemampuan belajar anak perlu diperhatikan kesesuaiannya dengan kondisi sosial anak, dalam penelitian ini adalah kelompok B1 TK. Bina Anak Bangsa, serta perlu adanya media pendukung yang diaplikasikan guru dalam pencapaian perkembangan anak, sehingga penggunaan permainan celemek kata menyebabkan permainan tidak berlangsung optimal, oleh karena itu perlu adanya metode baca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca. Dari penelitian awal yang dilakukan peneliti pada bulan Desember di TK Bina Anak Bangsa, desa Kepatihan kecamatan Tulungagung pada anak B1, sudah ada upaya guru dalam pembinaan pembelajaran bahasa untuk meningkatkan potensi anak dalam membaca, akan tetapi para guru merasa belum optimal. Hal ini ditandai dengan beberapa kondisi yaitu dari 15 orang anak kelompok B yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan, yang sudah dapat mengembangkan kemampuan bahasa baik dalam menulis maupun dalam membaca hanya 3 anak, secara terperinci 2 anak mendapatkan nilai 3 (tiga) Bintang dan 1 anak mendapatkan 4 (empat) bintang sedangkan 8 anak mendapatkan 2 (dua) bintang dan 4 anak mendapatkan 1(satu) bintang. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah penerapan permainan celemek kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B1 TK Bina Anak Bangsa Kepatihan kecamatan Tulungagung, kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Tagart. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak siswa kelompok B1 TK Bina Anak Bangsa Kepatihan, Tulungagung. Alasan digunakannya penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B1 TK Bina Bangsa karena kemampuan membaca permulaan masih sangat kurang dan diharapkan dengan menggunakan celemek kata akan terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan. Hasil dari penelitian ini pada siklus I memiliki peningkatan sebanyak 20 % dibandingkan dengan observasi pra-siklus, selanjutnya terdapat keberhasilan sebesar 40 % pada siklus II, sedangkan pada siklus III kemampuan membaca permulaan adalah 80 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan permainan celemek kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B1 TK Bina Anak Bangsa Kepatihan kecamatan Tulungagung, kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI