MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A DI TK DW MACANBANG KEC. GONDANG KAB. TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

NURASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0500P

Abstract

ABSTRAK Nurasih. 2015. Meningkatkan Kemmapuan Berbicara Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Anak Didik Kelompok A di TK DW Macanbang Kec. Gondang Kab. Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 Kata Kunci : kemampuan berbicara, metode bermain peran Berdasarkan hasil pengamatan, khususnya pada kelompok A yaitu kelompok usia 4 -5 tahun mengalami kesulitan dalam hal ketuntasan pada indikator kemampuan berbicara. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga suasana belajar masih monoton dan antusias dari anak didik masih sangat terbatas. Diharapkan dengan menggunakan metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak. Rumusan masalah: Apakah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara di kelompok A TK DW Macanbang Kec. Gondang Kab. Tulungagung tahun pelajaran 2014/ 2015?. Tujuan penelitian: Meningkatkan kemampuan berbicara, melalui penerapan metode bermain peran pada anak kelompok A di TK DW macanbang Kec. Gondang Kab. Tulungagung. Metode Penelitian: pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan dibantu oleh teman sejawat. Lokasi penelitian: TK DW Macanbang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Subyek Penelitian: Seluruh siswa TK A Di TK DW Macanbang. Metode Pengumpulan data: metode observasi dan hasil unjuk kerja anak. Metode Analisis data: meliputi persiapan, tabulasi dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Hasil penelitian: Metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak didik kelompok A di TK Dharma Wanita Macanbang Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2014/2015”. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan prosentase pada hasil penelitian mulai Pra tindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.”

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI