MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN TOPI RAJA PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SUDARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0499P

Abstract

Abstrak SUDARTI : Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Topi Raja Pada Anak Kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2015. Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Permainan Topi Raja. Kemampuan berbahasa anak dalam berbicara sangat perlu dikembangkan agar anak dapat memiliki kemampuan dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan, serta tindakan interaktif dengan lingkungannya. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan berbahasa dalam berbicara anak masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan permainan Topi Raja dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun Pelajaran 2014-2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memperoleh data tentang kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan, (2) Melakukan tindakan berupa penerapan permainan Topi Raja sebagai upaya peningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 melalui permainan Topi Raja. Dari hasil analisis data diketahui bahwa : (1) Pada siklus 1, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak mencapai 43,73%, (2) Pada siklus 2, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak mencapai 62,5% (3) Pada siklus 3, nilai perhitungan ketuntasan belajar anak berhasil mencapai 87,5% atau dikategorikan tuntas belajar dan telah memenuhi standar ketuntasan minimal yakni 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dan hipotesis tindakan diterima, yakni pembelajaran dengan permainan Topi Raja dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam berbicara pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI