MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJA SAMA MELALUI METODE SOSIO DRAMA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK PGRI BANDUNG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SITI MUSOLIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0498P

Abstract

Kemampuan sosial emosional anak dalam bekerja sama sangat perlu dikembangkan untuk.melatih anak agar dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik kepada orang lain di lingkungan sekitar. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan sosial anak dalam bekerja sama masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan metode sosio drama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungaung Tahun Pelajaran 2014-2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memperoleh data tentang kemampuan sosial emosional dalam bekerja sama pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sebelum dilakukan tindakan; (2) Melakukan tindakan berupa penerapan metode sosio drama sebagai upaya peningkatan kemampuan sosial emosional dalam bekerja sama pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung; (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan sosial emosional dalam bekerja sama pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung; (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuanm sosial emosional dalam bekerja sama anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 melalui metode sosiodrama. Dari hasil analisis terbukti bahwa : (1) Pada siklus 1 berhasil mencapai 51,56,5% (2) Pada siklus 2 mencapai 67,18% (3) Pada siklus 3 mencapai 85,93% atau dikategorikan tuntas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dan hipotesis tindakan diterima, yakni pembelajaran dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerja sama pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014-2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI