MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK-ANAK PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SOKO KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SUKARTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0497P

Abstract

Abstrak SUKARTIN: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Lagu Anak-anak pada Kelompok B TK Dharma Wanita Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : kemampuan berbicara, media lagu anak-anak. Kemampuan berbicara anak merupakan inti dari proses pembelajaran, karena dengan berbicara anak mampu mengembangkan kemampuan berpikir, membaca dan menulis. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung pada Kelompok B didapatkan hasil bahwa kemampuan berbicara anak-anak di sana masih rendah. Hal ini disebabkan oleh 1) Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa juga masih monoton sehingga anak kurang tertarik dalam memahami materi, 2) Media pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru dalam kegiatan pengembangan kemampuan berbicara masih kurang variatif. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : “Apakah penggunaan media lagu anak-anak dapat meningkatan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Dharma Wanita Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk RKM, RKH, lembar observasi untuk guru dan lembar penelitian untuk anak. Hasil penelitian yang diperoleh setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas kepada 23 anak kelompok B TK Dharma Wanita Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung adalah penggunaan media lagu anak-anak dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hasil perhitungan data penelitian menunjukkan bahwa presentasi rata-rata kemampuan berbicara anak pada siklus 1 sebesar 63,04%, siklus 2 sebesar 81,52%, dengan nilai peningkatan sebesar 18,48%. Pada siklus 2 telah didapatkan hasil yang sudah memenuhi kriterian ketuntasan minimal yakni 75%. Dari penelitian yang telah dilaksanakan ini, diharapkan semua pihak yang terkait, khususnya guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat melalui menggunakan media pembelajaran yang lebih beragam dan inovataif, terutama dalam meningkatan kemampuan berbicara anak, misalnya dengan menggunakan media lagu anak-anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI